Pelatihan

Tema : Kampanye Digital Efektif

Dari Data Ke Narasi: Jurnalisme Hijau di Era Digital

Deskripsi

Pelatihan ini melibatkan narasumber dari SIEJ (The Society Indonesian Environmental Journalist) yang berpengalaman di bidangnya. Sehingga OMS dapat menyuarakan perubahan positif melalui konten yang berkualitas, mendalam, dan berdampak.

Tujuan Pelatihan

Peserta memahami perkembangan teknologi jurnalistik, tren pelaporan lingkungan, dan etika jurnalistik lingkungan.
Peserta menghasilkan karya yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong aksi nyata.
Peserta memiliki kemampuan menganalisa data lingkungan, mewawancarai para sumber, dan menyajikan informasi yang mudah dipahami masyarakat.
Peserta/ lembaga dapat mendorong kebijakan lingkungan dan meningkatkan keterlibatan masyarakat.

Subjek Cakupan

Pengantar jurnalisme lingkungan: perbedaan jurnalisme lingkungan dengan jurnalisme umum dan isu lingkungan lokal dan global yang menjadi sorotan.
Data dan teknologi: unsur-unsur berita, sumber berita yang relevan, etika pelaporan lingkungan dan contoh kasusnya.
Wawancara dan investigasi sektor lingkungan: struktur berita, penggunaan bahasa, teknik wawancara, verifikasi fakta dan data, serta membuat judul yang menarik.
Konten multimedia untuk kampanye dan advokasi: penulisan naskah, pengambilan gambar/video, editing, desain, platform media sosial yang relevan, analisis audiens dan pembuatan persona, strategi promosi, serta pengukuran metrik dan evaluasi kampanye.
Memanfaatkan data dan narasi untuk advokasi perubahan: pengantar advokasi dan perubahan sosial, data dan narasi, visualisasi data, strategi advokasi dan evaluasi kampanye.

Wujudkan pelestarian bumi dengan memperkuat keterampilan jurnalisme lingkungan!

Sesi

Sesi 1
Fundamental Jurnalisme Lingkungan
Kamis, 22 Agustus 2024
09.00 – 11.00 WIB

Sesi 2
Inovasi Data dan Teknologi: Transformasi Jurnalisme Lingkungan di Era Digital
Senin, 26 Agustus 2024
09.00 – 11.00 WIB

Sesi 3
Menguak Fakta: Strategi Wawancara Jurnalisme Lingkungan
Selasa, 27 Agustus 2024
09.00 – 11.00 WIB

Sesi 4
Kreasi Konten Multimedia: Kampanye dan Advokasi Lingkungan yang Efektif
Rabu, 28 Agustus 2024
09.00 – 11.00 WIB

Sesi 5
Sinergi Data dan Narasi: Strategi Advokasi untuk Perubahan Berkelanjutan
Kamis, 29 Agustus 2024
09.00 – 11.00 WIB

Pakar/ Narasumber

Asep Safullah - CEO Of ekuatorial.com, Aidil Ichlas - Freelancer Routers, Adi Marsella - Freelance of Journalist, Bhekti Suryani - Redaktur Harian, Miftah Faridl - Jurnalis CNN TV