Teknologi yang semakin maju, kini, newsletter atau buletin menjadi salah satu alat untuk mempromosikan program-program organisasi dan meningkatkan transparansi kepada para mitra atau pembaca. Namun, bagaimana caranya menulis newsletter agar dibaca dan pesan kita tersampaikan?
Dengan narasumber yang sama, pada sesi ketiga, Selasa 15 Oktober 2024, Ajeng Mutiara Tomy, seorang AI Specialist, membahas cara mengoptimalkan newsletter menggunakan AI Copywriting. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan AI copywriting dalam meningkatkan efektivitas newsletter sebagai alat strategis promosi.
Untuk mengoptimalkan newsletter dengan AI copywriting, kita bisa mulai dengan mengidentifikasi tujuan dan memahami audiens agar konten relevan dan bermanfaat, ada beberapa tips, yaitu :
- Gunakan alat AI untuk mendesain newsletter yang menarik dan mudah dibaca, serta buat judul yang menarik perhatian.
- Sertakan konten berkualitas, ajakan bertindak yang jelas, dan kirimkan secara teratur dengan tampilan yang responsif di perangkat seluler.
- Analisis performa dan minta umpan balik dari pembaca untuk perbaikan di edisi mendatang.
Sebelum memulai pemaparan, Ajeng Mutiara Tomy bertanya kepada sahabat Lingkar Madani apakah mereka menggunakan newsletter. Newsletter biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi kepada audiens atau anggota, serta untuk berbagi tips, edukasi, dan promosi.
Apa sebenarnya arti dari newsletter? Mutiara Ajeng Tomy menjelaskan bahwa newsletter adalah bentuk komunikasi digital yang dikirimkan secara teratur melalui email kepada audiens yang sudah berlangganan atau terdaftar. Newsletter berfungsi untuk menyampaikan informasi dan konten kepada penerima secara berkala.
Mengapa newsletter tetap memiliki peranan penting?
Menurut studi terbaru dari I Mean Marketing, 58% orang memeriksa email mereka sebagai aktivitas pertama di pagi hari. Lebih menarik lagi, laporan dari OptinMonster menunjukkan bahwa rata-rata rasio pembukaan email mencapai 22,86%, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan “Big 3” media sosial (Facebook, Instagram, dan Twitter) yang hanya memiliki rasio klik-tayang 3,71% dan rasio keterlibatan sebesar 0,58%.
Mutiara Tomy Ajeng menjelaskan kepada kita bahwa newsletter memiliki berbagai manfaat. Lalu, apa saja manfaat dari newsletter itu?
- Meningkatkan engagement
- Membangun loyalitas
- Meningkatkan traffic
- Mendukung penjualan
- Mendapatkan feedback
Ingin tahu bagaimana suasana diskusi di dalam kelas? Ayo, sahabat, saksikan rekamannya!