Sesi keempat kali ini, 28 Agustus 2024 bersama Aidil Ichlas, Freelance Reuter New Agency, yang mengajak kita memahami bagaimana mengkreasikan konten untuk sebuah kampanye dan advokasi lingkungan yang efektif.
Dulu, ketika kampanye banyak yang dilakukan dalam bentuk baliho, pamflet atau juga melalui pemberitaan. Walaupun untuk pemberitaan umumnya, hanya dimiliki oleh media-media.
Pertama, Aidil Ichlas mengajak kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten?
- Temukan Ide
- Observasi, Wawancara dan Riset
- Rancangan awal/ Brief
- Verifikasi Data dan Fakta
- Tentukan Audiens
- Tentukan Script, Hook dan Pesan
- Tentukan Visual
- Saatnya Produksi (Shooting& Editing)
Temukan Ide. Ide cerita bisa datang dari mana saja. Bisa dari pemberitaan,warga sekitar, hasil riset, persoalan yang tengah viral. Lalu, Aidil ichlas menyampaikan juga terkait Target Audiens yang berhubungan dengan gaya penyampaian formal atau gaya penyampaian kekinian, gaya tiktok akan beda dengan gaya instagram, akan beda juga dengan gaya facebook, dan sebagainya.
Afrizal dari Karsa Institute bertanya, “Apakah yang membedakan konten jurnalisme lingkungan dengan konten-konten yang lain, apakah ada kriterianya? dan berapa durasi standar videografi?”
Aidil Ichlas mengkutip sebuah kata: “Karya video yang baik (profesional) tidak selalu dihasilkan oleh seseorang dengan kamera mahal atau berteknologi tinggi, namun orang dengan kamera amatir juga bisa menghasilkan karya yang bagus, asalkan mengerti soal teknis pengambilan gambar, angle ataupun komposisi gambar.”
Sahabat yang baik, penasaran dengan diskusi di sesi 4 ini? Tonton videonya!